Jumat, 16 April 2010

retardasi mental

Istilah yang dipakai terhadap orang yang punya batasan tertentu dalam fungsi mental dan keterampilan komunikasi, menjaga diri sendiri, dan keterampilan sosial.Pembatasan ini akan menyebabkan anak belajar dan berkembang dengan lambat daripada anak lain. Anak dengan retardasi mental membutuhkan waktu lebih lama untuk berbicara, berjalan, dan menjaga kebutuhan personalnya seperti memakai baju dan makan.Mereka punya masalah belajar disekolah, mereka akan belajar tetapi itu akan makan waktu lebih lama dan ada beberapa hal yang mereka tidak bisa pelajari.

Retardasi Mental bukan penyakit.Kita tidak mendapatkan Retardasi Mental dari siapapun.Juga bukan tipe sakit mental seperti depresi.Tidak ada obat untuk Retardasi Mental.Namun, kebanyakan anak dapat belajar untuk melakukan banyak hal.Itu membutuhkan usaha dan waktu lebih dibandingkan yang lain.

Penyebab Retardasi Mental

1. Kondisi genetik : Beberapa disebabkan gen abnormal yang diturunkan dari orang tua, kesalahan ketika perpaduan gen, atau alasan lain.Contohnya syndrome

down, syndrome x fragile dan phenylketonuria.

2. Masalah selama kehamilan, wanita alkoholik atau mendapat infeksi seperti rubella selama kehamilan dapat mempunyai bayi Retardasi Mental.

3. Masalah waktu melahirkan, seperti tidak mendapatkan cukup oksigen

4. Masalah kesehatan, penyakit seperti batuk pertusis, cacar atau Meningitis dapat menyebabkan Retardasi Mental. juga dapat disebabkan oleh malnutrisi yang

ekstrim, tidak mendapatkan perawatan medis atau karena racun seperti logam mercuri.

Penyebabnya bisa biomedis, sosial, tingkah laku dan faktor resiko pendidikan. biomedikal berkaitan dengan proses biologis seperti kelainan genetik dan makanan.Faktor sosial berkaitan dengan interaksi sosial dan keluarga seperti stimulasi anak dan tanggapan dewasa. faktor perilaku berkaitan dengan perilaku berbahaya seperti penganiayaan maternal.Faktor pendidikan berkaitan dengan avaibilitas keluarga dan dukungan pendidikan yang mendukung perkembangan mental dan meningkatkan keterampilan adaptasi.

sumber : http://www.freewebs.com/retardasimental/penyebabrm.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar